Psikologi Industri
Silvi Rushanti Widodo, ST., MT

Psikologi Industri

Psikologi industri adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia di tempat kerja. Ilmu ini berfokus pada pengambilan keputusan kelompok, semangat kerja karyawan, motivasi kerja, produktivitas, stres kerja, seleksi pegawai, strategi pemasaran rancangan alat kerja, dan berbagai masalah lainnya. Psikolog industri meneliti dan mengidentifikasi bagaimana perilaku dan sikap dapat diimprovisasi melalui praktik penggajian, program pelatihan, dan sistem umpan balik. Perkembangan psikologi industri di Indonesia sangat dipengaruhi oleh perkembangan psikologi di negara-negara barat terutama Amerika Serikat.


Simulasi Sistem
Silvi Rushanti Widodo, ST., MT

Simulasi Sistem

Simulasi adalah imitasi atau tiruan dari aktivitas/proses sebuah sistem. Simulasi dibuat dengan tujuan untuk mengamati karakteristik sistem nyatanya. Terkadang simulasi dibuat untuk sesuatu yang belum ada sistem nyatanya, sehingga pembuatan simulasi dalam hal ini adalah untuk menguji sistem rancangan.

Technopreneurship
Silvi Rushanti Widodo, ST., MT

Technopreneurship

Kemampuan berwirausaha merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang. Kemampuan ini adalah kemampuan untuk mengubah setiap peluang, menjadi tantangan bernilai ekonomi. Jika kemampuan ini terintegrasi dengan kompetensi di bidang teknologi maka lahirlah kemampuan wirausaha di bidang teknologi (Technopreneurship).

Perencanaan & Pengembangan Produk
Imam Safi

Perencanaan & Pengembangan Produk

Mata kuliah ini mempelajari tentang perencanaan dan pengembangan sebuah produk mulai dari analisis kebutuhan konsumen sampai perancangan konsep produk menggunakan metode-metode sesuai konsep R&D seperti QFD, HoQ, dll.

Perancangan Sistem informasi Bisnis
Imam Safi

Perancangan Sistem informasi Bisnis

Mata kuliah mempelajari tentang tahapan dalam merencanakan, mengevaluasi dan merancang sebuah sistem informasi yang bertujuan untuk mendukung bisnis disuatu organisasi perusahaan. Mulai dari kebutuhan sistem sampai perencanaan master plan sistem informasi (blue print).

Pengendalian dan Penjaminan Mutu
Imam Safi

Pengendalian dan Penjaminan Mutu

Mata kuliah ini mempelajari konsep mutu mulai dari pengendalian sampai pada penjaminan mutu produk baik barang maupun jasa di suatu organisasi perusahaan. Persyaratan mengikuti mata kuliah ini yaitu sudah lulus mata kuliah statistik industri 2.

Pengantar Standarisasi
afiff yudha tripariyanto,ST.,MT

Pengantar Standarisasi

Materi yang ada dalam mata kuliah Pengantar Standarisasi adalah membahas tentang kontrol kualitas dan standard-standard umum yang digunakan dalam kegiatan di Industri.