Ekonomi Produksi
Ir. Wiwiek Andajani, MM.

Ekonomi Produksi

Ekonomi Produksi memberikan landasan teoritis tentang bagaimanaseorang produsen menentukan keputusan optimasi kegiatan produksinya berdasarkan prinsip-prinsip ekonomi.

Budidaya Tanaman Semusim
Muhammad Muharram

Budidaya Tanaman Semusim

Tanaman semusim merupakan tanaman yang dalam menyelesaikan satu siklus hidupnya, memerlukan waktu maksimal setahun.

Dasar-dasar Agronomi
nugraheni hadiyanti

Dasar-dasar Agronomi

Mata kuliah ini membahas tentang berbagai hal seputar tanaman seperti struktur dan fungsi organ, pembiakan tanaman, teknik budidaya tanaman, pertumbuhan & perkembangan tanaman, faktor lingkungan yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Budidaya Tanaman Tahunan
Agustia Dwi Pamujiati, S.TP., MPTjatur Prijo Rahardjo

Budidaya Tanaman Tahunan

Mata kuliah ini menjelaskan tentang teknik budidaya hingga pengolahan hasil tanaman tahunan terutama sektor perkebunan yaitu kopi, kakao, karet, dan kelapa sawit.

Manajemen Agribisnis
Nina Lisanty

Manajemen Agribisnis

Manajemen Agribisnis memberikan pengantar mengenai aplikasi prinsip-prinsip manajemen dalam sistem agribisnis dan keterampilan dalam konteks fungsi manajemen. Mata kuliah ini bertujuan mengembangkan pemahaman mahasiswa mengenai manajemen dalam usaha agribisnis, dengan fokus pada: 1) prinsip-prinsip manajemen dan konsep yang berlaku untuk agribisnis; 2) konsep dasar manajemen yang terdiri dari manajemen produksi dan operasi, manajemen pemasaran, dan manajemen keuangan, serta manajemen resiko. Mata kuliah ini juga diharapkan dapat melatih keterampilan mahasiswa untuk dapat menganalisa faktor-faktor yang membuat suatu usaha agribisnis mengalami kesuksesan dan kegagalan.

Ilmu Koperasi
Satriya Bayu Aji

Ilmu Koperasi

Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa agar dapat memahami konsep koperasi serta peranannya dalam perekonomian Indonesia terutama dalam bidang pertanian. Pada paruh semester pertama memfokuskan pemahaman terhadap koperasi dan kedudukannya dalam pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, dan pasar oligopoli. Paruh kedua semester, membahas tentang penilaian indikator keberhasilan koperasi, batasan usaha pertanian yang bermitra dengan koperasi, kontribusi usaha pertanian dan koperasi dalam perekonomian nasional. Selain itu juga akan membahas tentang kebijakan pemerintah dalam pengembangan koperasi dan usaha pertanian.